Informasi Cuaca

Berbagai Upaya Penyelamatan Diri Ketika Sedang Terjadi Badai Hujan

Badai adalah fenomena alam yang didefinisikan sebagai angin, hujan, dan kilat. Badai dapat terbentuk di air hangat dengan kelembaban tinggi. Badai di laut biasa sering terjadi, tetapi badai ini dapat menyebabkan kehancuran dan hilangnya nyawa di darat. Jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri saat badai menerjang? Dibawah ini adalah upaya penyelamatan diri yang bisa anda lakukan.

 

Jangan Berdiri Di Bawah Pohon Besar

Pohon yang besar biasanya merupakan pohon dewasa dengan akar yang lemah. Karena badai hujan yang datang disertai dengan angin yang kuat, maka anda harus berlindung di tempat yang paling aman. Jadi sebaiknya kita tidak menyembunyikan diri di jenis pohon satu ini karena mudah tumbang.

 

Tetap Di Dalam Mobil Dan Tutup Semua Dengan Rapat

Jika ada badai dan anda sedang berada di dalam mobil, segera tutup kaca depan. Temukan tempat parkir yang aman dan tunggu badai berlalu. Namun, jika angin kencang, segera hentikan dan matikan mesin mobil untuk menghindari situasi yang berpotensi berbahaya.

 

Selalu Periksa Berita Cuaca

Sangat penting sekali untuk memeriksa setiap berita cuaca. Kenapa? Karena setiap berita cuaca berisikan mengenai keadaan yang sedang terjadi dan dengan memeriksa berita cuaca yang rutin pastinya anda bisa menghindari yang namanya bencana yang akan terjadi. Salah satu bencananya adalah badai hujan yang sangat berbahaya.

 

Pastikan Sudah Memiliki Tas Siaga Bencana

Badai hujan deras menyebabkan banjir di beberapa daerah. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menyimpan tas siaga bencana untuk barang-barang berharga Anda. Tas siaga bencana tentu harus yang mudah disimpan. Dengan adanya kesiapan inilah, anda bisa mengantisipasi bencana badai yang sedang terjadi.

 

Tutup Jendela Hingga Pintu Rumah Saat Badai

Badai hujan dapat merusak jendela dan pintu rumah. Oleh karena itu, jika terjadi badai hujan, semua pintu dan jendela harus ditutup dengan benar. Periksa jendela dan panel besar dan gunakan kertas atau koran bekas untuk menutup panel, hal ini supaya dapat mencegah retak dan pecahnya jendela.

 

Selalu Rutin Mengecek Setiap Kebocoran Yang Ada

Angin kencang disertai dengan hujan lebat tentu akan membuat beberapa lokasi di rumah anda rentan terjadi kebocoran. Untuk mengantisipasinya adalah anda harus mengecek setiap kebocoran yang ada dengan menggunakan cat tahan air untuk rumah Anda. Namun, jika airnya mengalir, gunakan ember untuk menampung airnya.

 

Jangan Berlindung Di Lapangan Luas

Jika Anda menghadapi badai hujan yang kuat dan angin kencang, jangan pergi ke lapangan luas untuk berlindung dari badai, karena Anda akan diselimuti oleh cuaca yang sangat dingin. Selain itu, badai disertai dengan guntur dan kilat yang hebat. Jadi ketika kita berada di lapangan yang luas, kita mudah terkena sambaran petir yang dibawa oleh badai hujan.

 

Mengenal Jenis – Jenis Badai Yang Paling Mematikan Di Dunia

Berbagai Upaya Penyelamatan Diri Ketika Sedang Terjadi Badai HujanBadai juga disebut oleh ahli meteorology terjadi dalam kondisi cuaca ekstrem mulai dari hujan es dan angin hingga gempa bumi. Hujan di laut yang hangat menyebabkan adanya badai. Badai bergerak di laut dengan kecepatan angin hingga 20 kilometer per jam. Sehingga kita akan sering dikelilingi oleh angin kencang. Angin dengan kecepatan ini jarang terjadi. Angin kencang dapat menumbangkan pohon besar, merusak jembatan, dan meruntuhkan atap. Tentu saja adanya cerita tentang badai tidak lengkap tanpa mengetahui jenisnya. Jadi simak ulasannya di bawah ini:

 

Bencana Badai Petir

Badai petir disebut badai petir, badai Guntur, hingga badai listrik dan badai petir dapat dicirikan oleh kilat. Badai petir mungkin dapat terjadi di mana-mana dengan faktor yang paling kuat di hutan tropis kemungkinan besar terjadi setiap hari. Amerika Serikat adalah Negara yang sering mengalami badai petir satu ini dan lokasi yang bisa anda temukan di Nedwestn hingga Negara bagian selatan lainnya. Badai petir yang kuat dan berbahaya juga pernah terjadi di Kampala, Tororo Uganda, Bogor Indonesia, dan Singapura sering terkena badai petir karena sering terjadi peningkatan badai di daerah ini.

 

Bencana Badai Pasir

Badai pasir adalah badai yang membawa sejumlah besar debu ke atmosfer dan awan debu di Bumi terkadang berdiameter kurang dari 50 inci, tetapi bisa mencapai hingga dua meter. Badai pasir disebabkan oleh peningkatan suhu udara secara tiba-tiba, biasanya di ladang pasir.

 

Bencana Badai Tornado

Tornado adalah badai panjang seperti peluru yang bergerak dan berputar dengan kecepatan tinggi. Tornado adalah angin puting beliung yang disebabkan oleh perubahan atmosfer dengan kecepatan hingga 400 mil per jam, dengan lebar 15 hingga 365 kaki. Tornado bisa sangat merusak segala hal yang di lewatinya dan tentu badai ini diikuti oleh awan badai hingga badai petir.

 

Bencana Badai Api

Berbagai Upaya Penyelamatan Diri Ketika Sedang Terjadi Badai HujanSering disebut sebagai iblis api, badai api adalah fenomena alam dan tidak biasa. Kebakaran terjadi ketika kondisi dan angin menyebabkan gerakan vertikal, seperti tornado. Api di sekitarnya dapat dipisahkan dari api, memungkinkannya bergerak sendiri dan membakar apa pun yang dilaluinya. Sebagian besar kebakaran dimulai dengan rumput kering, pohon, atau daun mati, tetapi juga dapat dipicu oleh ledakan nuklir, ledakan gas vulkanik, atau radiasi nuklir.

 

Bencana Badai Salju

Ini adalah badai yang terjadi ketika udara hangat bertemu udara dingin dengan massa 1000 km atau lebih. Perubahan ini sering dipengaruhi oleh jenis kecepatan angin. Badai ini sendiri sering terjadi di Negara Amerika Serikat dan seringnya datang dari barat laut. Badai ini biasanya membuat pendaratan di utara saat udara dingin dan lembab dari Samudra Pasifik naik ke atas pegunungan. Selain Amerika Serikat, ada Negara yang sering mengalami badai salju ini, yakni di Jepang, Istanbul, Chili, dan Swiss.

Spread the love